top of page
  • Writer's pictureIndrawata Wardhana

Exploring the Historic Beauty of Rotterdam Fortress: A Journey through Time

Lokasi Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam merupakan sebuah situs sejarah yang terletak di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau. Benteng ini berada sekitar 1 jam perjalanan dengan kapal ferry dari Kota Tanjungpinang.

Daya Tarik

Benteng Rotterdam merupakan salah satu peninggalan sejarah Belanda yang masih terjaga dengan baik. Pengunjung dapat menjelajahi bangunan-bangunan bersejarah, seperti tembok benteng, meriam-meriam kuno, dan ruang bawah tanah yang digunakan sebagai penjara pada masa lalu.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

  1. Menjelajahi kompleks benteng dan menikmati pemandangan laut dari atas tembok.

  2. Mengambil foto-foto di berbagai sudut benteng yang instagramable.

  3. Mengikuti tur sejarah yang diselenggarakan oleh pemandu lokal.

  4. Berkemah di sekitar area benteng untuk pengalaman yang lebih mendalam.

Sejarah

Benteng Rotterdam dibangun pada abad ke-18 oleh Belanda sebagai benteng pertahanan terhadap serangan musuh. Benteng ini menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa bersejarah selama masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Biaya dan Fasilitas

Biaya masuk ke Benteng Rotterdam cukup terjangkau, sekitar Rp 10.000 per orang. Pengunjung juga dapat menyewa pemandu lokal dengan biaya tambahan. Di sekitar area benteng terdapat fasilitas toilet, warung makan, dan tempat parkir.

Aksesibilitas

Untuk menuju ke Benteng Rotterdam, pengunjung dapat menggunakan kapal ferry dari Kota Tanjungpinang ke Pulau Penyengat. Setelah itu, pengunjung dapat menggunakan ojek atau berjalan kaki menuju lokasi benteng.

Lokasi dan Daya Tarik

Benteng Rotterdam adalah salah satu destinasi wisata populer di Pulau Jepara, Jawa Tengah. Benteng ini dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, terutama pantai pasir putihnya yang memukau. Selain itu, Benteng Rotterdam juga menawarkan pemandangan laut yang spektakuler dan suasana yang tenang dan damai. Para pengunjung dapat menikmati panorama yang menakjubkan dari atas bukit yang menghadap ke laut.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Di Benteng Rotterdam, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut, berenang di pantai yang jernih, atau hiking di sekitar benteng untuk menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, para pengunjung juga dapat bersantai sambil menikmati sunset yang mempesona di sore hari.

Sejarah

Benteng Rotterdam dibangun oleh Belanda pada abad ke-17 sebagai benteng pertahanan untuk melindungi kota dari serangan musuh. Benteng ini memiliki arsitektur yang megah dan menjadi saksi bisu dari sejarah kolonial Belanda di Indonesia.

Biaya dan Fasilitas

Untuk masuk ke Benteng Rotterdam, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Di dalam area benteng, terdapat fasilitas toilet umum, warung makan, dan tempat parkir yang luas. Pengunjung juga dapat menyewa peralatan snorkeling atau hiking dengan biaya tambahan.

Aksesibilitas

Benteng Rotterdam dapat dicapai dengan mudah dari pusat Kota Jepara dengan menggunakan angkutan umum seperti angkot atau ojek. Perjalanan dari Kota Jepara ke Benteng Rotterdam memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer. Pengunjung juga dapat menggunakan jasa travel atau rental mobil untuk pergi ke Benteng Rotterdam. Baca juga: Mencegah Penyakit Bali Belly

2 views0 comments

Recent Posts

See All

コメント


Post: Blog2_Post
bottom of page