top of page
  • Writer's pictureIndrawata Wardhana

Menikmati Keindahan Alam Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Lokasi

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 43.750 hektar dan terbagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Wisata Alam Bantimurung dan Taman Wisata Alam Bulusaraung.

Daya Tarik

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung merupakan tempat yang sangat populer bagi para pecinta alam dan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Sulawesi Selatan. Taman ini terkenal dengan keindahan air terjun Bantimurung dan gua-gua batu kapur yang spektakuler.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, seperti trekking, hiking, bird watching, dan berenang di air terjun yang segar. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dan melakukan piknik bersama keluarga atau teman-teman.

Sejarah

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung didirikan pada tahun 2004 untuk melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem alam di daerah Sulawesi Selatan. Taman ini juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi bagi masyarakat setempat.

Biaya dan Fasilitas

Biaya masuk ke Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 - Rp 20.000 per orang. Pengunjung juga dapat menyewa jasa pemandu wisata dengan harga yang bervariasi. Fasilitas yang tersedia di taman nasional ini antara lain toilet, warung makan, dan area parkir yang luas.

Aksesibilitas

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung dapat diakses dengan mudah dari Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum menuju lokasi. Perjalanan dari Makassar ke taman nasional ini memakan waktu sekitar 1-2 jam tergantung dari kondisi lalu lintas.

Daya Tarik Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN Babul) merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat populer di Sulawesi Selatan. Terletak sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Makassar, taman nasional ini menawarkan keindahan alam yang memukau serta beragam aktivitas menarik bagi pengunjung.

Lokasi

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Dikelilingi oleh pegunungan karst yang indah, taman nasional ini memiliki luas sekitar 43.750 hektar dan menjadi rumah bagi berbagai spesies flora dan fauna endemik.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun Bantimurung yang spektakuler, melakukan hiking di sekitar area taman nasional, atau bahkan snorkeling di sungai yang jernih. Selain itu, Anda juga dapat mengamati berbagai spesies kupu-kupu yang hidup di taman nasional ini.

Sejarah

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung didirikan pada tahun 2004 untuk melindungi ekosistem yang unik dan keanekaragaman hayati yang ada di daerah tersebut. Sejak saat itu, taman nasional ini telah menjadi tujuan wisata favorit bagi para petualang dan pecinta alam.

Biaya dan Fasilitas

Untuk masuk ke Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk yang terjangkau. Di dalam taman nasional ini, terdapat fasilitas seperti area parkir, toilet, dan warung makan yang dapat memenuhi kebutuhan pengunjung selama berada di sana.

Aksesibilitas

Untuk menuju ke Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa transportasi umum dari Kota Makassar. Perjalanan dari Kota Makassar ke taman nasional ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam tergantung dari kondisi lalu lintas. Baca juga: Mencegah Penyakit Bali Belly

2 views0 comments

Recent Posts

See All

留言


Post: Blog2_Post
bottom of page